Sunday, 2024-04-28, 7:01 AM
Welcome Guest

Tikus Neutron

Site menu
Section categories
Report [10]
Tugas Universitas
Our poll
Rate my site
Total of answers: 7
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Login form
Main » 2010 » February » 22 » Interaksi Manusia dengan Komputer [IMK - Astroboy]
5:21 AM
Interaksi Manusia dengan Komputer [IMK - Astroboy]



Sebelum kita membahas tentang hubungan IMK di film Astroboy ini, pertama kita harus tahu dulu tentang IMK. Secara sederhana IMKadalah studi tentang manusia, teknologi komputer dan cara bagaimana mereka saling berinteraksi. Nah..dah kebayang kan.. intinya kali ini kita akan ngebahas tentang interaksi antara manusia dan komputer yang dalam hal ini adalah teknologi robotic yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Kebayang gak kebayang ini dia sinopsis ceritanya... wink

Astro Boy, robot kecil ini pertama kali muncul pada tahun 1951 di Jepang atas karya artis dan animator legendaris Osamu Tezuka penulis manga (buku komik Jepang) dan langsung menjadi icon. Kemudian ia tampil sebagai bintang dari serial televisi kartun, yang akhirnya mengudara di lebih dari 40 negara.

Untuk pertama kalinya, Astro Boy berpetualang dalam film. Dibuat dengan pemandangan animasi komputer 3D dari Imagi Studios, film Astro Boy adalah kisah yang seru untuk diikuti mengenai pahlawan sejati. Sedangkan para pengisi suara yang dipercaya untuk film ini di antaranya Nicolas Cage, Kristen Bell, Bill Nighy dan Donald Sutherland. Sedangkan Freddie Highmore sebagai pengisi suara dari Astro Boy itu sendiri.

Dengan mengambil set Kota Metro di masa depan yang futuristik, Astro Boy adalah robot muda dengan kekuatan luar biasa yang diciptakan oleh seorang ilmuwan brilian bernama Dr Tenma (Nicolas Cage). Dibekali dengan "blue energy”, Astro Boy (Freddie Highmore) diberkahi dengan kekuatan super, x-ray vision serta memiliki kecepatan dan kemampuan untuk terbang.

Atom..nama asli dari astroboy anak dari Dr Tenma yang saat itu sangat terkenal dengan penemuan - penemuannya dalam hal robotic. Dalam perkembangannya Dr Tenma dan teman - teman ilmuan lainnya berhasil menemukan sumber energi baru yang memiliki kemampuan regeneration atau mudahnya sumber daya yang tidak akan pernah habis terpakai. Mereka menyebut energi tersebut sebagai blue core energy dan red core energy.

Karena suatu kesalahan dalam experimen red core energy, Atom meninggal dalam kecelakaan tersebut. Dr Tenma yang tidak dapat menerima hal tersebut membuat robot baru yang identik dengan anaknya Atom. Dan dengan menanamkan memori Atom pada robot tersebut serta dengan blue core energy maka Atom barupun terlahir tanpa menyadari keadaan dirinya sebagai robot.

Setelah mengetahui dirinya sebagai robot, dan selalu dikejar oleh pihak ministry of science karena blue energy miliknya Atom yang memakai nama  samaran astro memulai perjalanan untuk mencari jati dirinya, Astro  bertemu banyak karakter lain yang berwarna-warni di sepanjang perjalanan hidupnya. Melalui petualangan itulah, Ia belajar kebahagiaan dan emosi agar bisa menjadi manusia yang seutuhnya dan diterima di masyarakat. Setelah melalui benyak petualangan, akhirnya ia menemui kenyataan bahwa keluarga serta teman-temannya yang berada di Kota Metro berada dalam bahaya. Astro Boy pun bertekad untuk menyelamatkan mereka semua yang disayangi.

Dalam film ini tokoh Astro yang membaur dengan manusia dan berupaya agar diterima di masyarakat menunjukkan interaksi antara manusia dengan komputer. Dan jika kita lihat latar belakang dari kota metro dimana manusia menggunakan robot - robot untuk melakukan tugas rumah, sebagai sopir dan hal - hal kecil lainnya, sehingga menusia dipermudah pekerjaannya dan dapat berkonsentrasi pada pengembangan teknologi.

pada dasarnya tujuan dibuatnya robot itu adalah untuk memenuhi tujuan dari mata kuliah IMK yaitu membuat teknologi komputer menjadi lebih berguna bagi manusia. Namun jika teknologi tersebut disalah gunakan, maka akan dapat menimbulkan bencana bagi manusia itu sendiri. Karena dalam film inipun diberitahukan bahwa mesin atau komputer atau teknologi laiinya juga memiliki perasaan. Benar atau tidaknya, mungikn suatu saat nanti di masa depan jika kota Jakarta sudah melayang di atas awan seperti kota Metro, kita dapat menemukan jawabannya... drink
Category: Report | Views: 4099 | Added by: bl4ckstar | Rating: 3.0/1
Total comments: 4
4 Toney00  
0
OTIXKkOrhrWXch http://huehbxbg37gbq781sbha45.org MKvasDYqzoUgEoUEtiAUzFHqsYgH

3 bl4ckstar  
0
Beuh..skali aj x gan.. iy nih..ga tau bwt paan.. ga jls gto..wkwkkw baka

2 yustinus  
0
Pertamaxx..buat paan gan? psti tugas kul y? wkwkkw

1 yustinus  
0
pertamaxx.. buat paan gan? psti tugas kul yach? wkwkwkw...;)

Name *:
Email *:
Code *:
Search
Calendar
«  February 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28
Entries archive
Site friends