Sunday, 2024-04-28, 12:53 PM
Welcome Guest

Tikus Neutron

Site menu
Section categories
Report [10]
Tugas Universitas
Our poll
Rate my site
Total of answers: 7
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Login form
Main » 2009 » December » 25 » 3d Character Modelling
7:51 AM
3d Character Modelling
Konsep Dasar Modelling 3D

Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling) (Nalwan, 1998).
Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan bila membangun model obyek, kesemuanya memberi kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal tersebut meliputi metoda untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model.
Proses pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.


a. Motion Capture/Model 2D
Yaitu langkah awal untuk menentukan bentuk model obyek yang akan dibangun dalam bentuk 3D. Dengan basis obyek 2D yang sudah ditentukan sebagai acuan. Pemodelan obyek 3D memiliki corak yang berbeda dalam pengolahannya, corak tersebut penekanannya terletak pada bentuk permukaan obyek.

b. Dasar Metode Modeling 3D
Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Ada jenis metode pemodelan obyek yang disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya menggunakan sedikit polygon, maka object yang didapat akan terbag sejumlah pecahan polygon. Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

c. Proses Rendering
Tahap-tahap di atas merupakan urutan yang standar dalam membentuk sebuah obyek untuk pemodelan, dalam hal ini texturing sebenarnya bisa dikerjakan overlap dengan modeling, tergantung dari tingkat kebutuhan. Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dalam standard PAL system, resolusi sebuah render adalah 720 x 576 pixels.
Bagian rendering yang sering digunakan:

- Field Rendering
Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing effect yang disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering video.

- Shader
Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan sebagainya.


d. Texturing
Proses texturing ini untuk menentukan karakterisik sebuah materi obyek dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa digunakan aplikasi properti tertentu seperti reflectivity, transparency, dan refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk meng-create berbagai variasi warna pattern, tingkat kehalusan/kekasaran sebuah lapisan object secara lebih detail.

e. Image dan Display
Merupakan hasil akhir dari keseluruhan proses dari pemodelan. Biasanya obyek pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang dimasukkan pada tahap teksturing pemodelan. Output images memiliki Resolusi tinggi berkisar Full 1280/Screen berupa file dengan JPEG,TIFF, dan lain-lain. Dalam tahap display, menampilkan sebuah bacth Render, yaitu pemodelan yang dibangun, dilihat, dijalankan dengan tool animasi. Selanjutnya dianalisa apakah model yang dibangun sudah sesuai tujuan. Output dari Display ini adalah berupa *.Avi, dengan Resolusi maksimal Full 1280/Screen dan file *.JPEG.

Membentuk karakter 3D
Sebelum membuat karakter, kita harus menentukan terlebih dahulu bentuk/benda apa yang ingin kita buat. kita juga harus mengetahui karakteristik dari benda tersebut seperti bentuk, sifat dan warnanya. Apabila bentuk tersebut berupa benda seperti pohon, maka bentunya adalah pipa padat. Sifat yang dimilikinya adalah sifat kayu yaitu kuat, tinggi dan memiliki daun dan akar. Apabila bentuknya berupa manusia maka bentuknya seperti manusia, mempunyai tangan, kaki, mata, hidung mulut, badan, rambut, dan lain-lain. Karakter manusia bermacam-macam jika dilihat dari sifat ada yang pemarah, lembut, baik, jahat, genit, pemalu, penakut, pemberani dan lain-lain. Jika dilihat dari fisik ada yang tinggi, pendek, rambut panjang, putih, hitam, mata sipit, dan lain-lain. Bisa karakteristik dilihat dari gaya bicara sesuai bahasa daerahnya.
Pembuatan karakter 3D dapat menggunakan aplikasi 3D MAX, AUTOCAD, Blender, dan lain-lain

Teori Animasi

Animasi berasal dari bahasa latin, anima, yang artinya jiwa, hidup, nyawa dan semangat. Sehingga animasi juga dapat disebut sebagai gambar dua dimensi yang seolah-olah bergerak. Animasi terdiri dari animasi 2 dimensi dan animasi 3 dimensi.
Animasi 2D membuat benda seolah hidup dengan mengunakan kertas atau komputer.
Animasi 3D merupakan animasi yang dibuat dengan menggunakan model seperti yang berasal dari lilin, clay, boneka/marionette dan menggunakan kamera animasi yang dapat merekam frame demi frame. Ketika gambar-gambar tersebut diproyeksikan secara berurutan dan cepat, lilin atau clay boneka atau marionette tersebut akan teihat seperti hidup dan bergerak.
Animasi 3D dapat juga dibuat dengan menggunakan komputer. Proses awalnya adalah membentuk model, pemberian tekstur, warna, hingga cahaya. Kemudian model tersebut diberi kerangka, warna, hingga cahaya. Kemudian model tersebut diberi kerangka dan gerakanya dirancang satu persatu.
Secara garis besar proses 3D animasi bisa dibagi 4 tahap yaitu:
a.Modeling
b.Animating
c.Texturing
d.Rendering

Membentuk Animasi 3D

Sebelum membuat animasi, kita membuat terlebih dahulu tema, plot, dan scriptnya/ skenarionya. Membuat animasi sama halnya dengan membuat film non animasi. Bedanya hanya tokohnya saja. Film non animasi tokohnya adalah manusia sedangkan animasi tokohnya adalah manusia berbentu gambar/ kartun. Skenario dibutuhkan agar kita yang melihat bisa mengerti cerita animasi tersebut.

Source:

http://journal.uii.ac.id/index.php/media-informatika/article/viewFile/13/12
http://sukariyana.blogspot.com/
http://biirooe.ukm.fe.uns.ac.id/?page_id=64
Category: Report | Views: 47836 | Added by: bl4ckstar | Rating: 0.0/0
Total comments: 351 2 3 4 »
35 catyaopaqex  
0
"error": "Service Unavailable"

34 ekindojrows  
0
"error": "Service Unavailable"

33 rkindtxrows  
0
"error": "Service Unavailable"

32 mkindvbrows  
0
"error": "Service Unavailable"

31 PneusiaLisa  
0
Benar-benar gratis mendukung sangat baik . 100 persen kampanye iklan gratis untuk perusahaan Anda sendiri cukup bergengsi . Produktif uang berbagai peluang biaya iklan saat ini . Kemungkinan biaya bisnis terbaik nol mungkin promosi baris gratis . Banyak perusahaan cenderung melupakan semua pemasaran busana dengan asumsi online dapat menjadi sia-sia . Berjalan buang-buang waktu juga sebagai prestasi mungkin mungkin monumental .
 
 
Sebuah advertisings biaya nol biasanya jelas , menyingkirkan ! Anda dapat menempatkan pada promosi ketika pernah . Nite dan hari . Tiga ratus enam puluh lima hari setiap dua belas bulan . Cukup menjadi kebutuhan dialog manusia . Absolutely informasi keuangan di sisi lain tetap biaya . Nol kronis faktur . Dan Anda bisa merakit iklan yang Anda ingin teks yang Anda inginkan di hanya sebanyak online dengan jaringan pemasaran streaming gratis sementara Anda pasti tampak nyata .
 
Iklan baris gratis dari biaya berpotensi dapat menempatkan organisasi bisnis Anda melihat kebanyakan atau lebih kemungkinan pembeli pertama kalinya . Para pembeli rumah yang paling penting atau mungkin pengguna akhir akan melihat Anda banner, klik pada link ke website Anda , mungkin membeli sesuatu sehingga ketika ke situs bisnis Anda . Situs web menggunakan iklan iklan gratis dalam tujuan promosi . Pemberi pinjaman telah diberikan promosi artikel , blog komentar benar sebagai prosedur lainnya mesin pencari optimasi ahli . Daerah . mengatakan iklan baris gratis sebagai program perangkat lunak kedua melalui menu optimasi mereka . Hari-hari lebih diinvestasikan ? All- sekitar 2 jam hampir setiap minggu dengan cepat .
 
Cara termudah melihat ke tanpa biaya kampanye website internet biaya pemasaran dasar membuat pencarian Google . Yow akan menemukan penasehat secara online halaman . Poin yang harus Anda lakukan adalah di categorie sebenarnya baik sepanjang yang tepat beberapa .Berikut adalah beberapa " kaya harus" di dalam website gratis kesepakatan diklasifikasikan :
 
 
Iklan baris gratis super mudah untuk membuat , banyak yang praktis untuk konsumen untuk menemukan , dan mereka akan juga dapat diindeks oleh pencarian . Sebuah pemberitahuan iklan gratis yang sangat baik publik menerima yuor blog web tombol lebih banyak untuk menekan link ditambah . Sinar matahari realitas yang bebas iklan baris baris bebas .




http://alarm1lumber.livejournal.com/748.html
http://dns.ciatec.com.mx/ayuda/index.php?title=Internet-Classifieds-Composing-Hints
http://lcdwiki.rtspec.com/LCDwiki/index.php?title=On-line-Classifieds-Writing-Ideas
http://www.myscarygames.com/profile/view/67409.html
http://patternjurycharges.com/mediawiki/index.php?title=Net-Classifieds-Creating-Guidelines

30 Jackpicbum  
0
Hi saya hanya melakukan seperti yang Anda katakan dan memiliki hasil yang baik , tapi saya pikir topik ini bisa memiliki sedikit lebih banyak informasi

29 Encureagreeta  
0
Hello!
Lorem ipsum dolor sit senectus et netus et. Fusce rhoncus neque a diam semper luctus sodales eu urna.

28 Liloolivy  
0
Hey! Want download the XRUMER 7.5.31
Or maybe for money. Anybody sell? I can pay via cash...

Hope for answer

27 catyqopcrex  
0
"error": "Service Unavailable"

26 catynopzcex  
0
<html>
<head>
<title>Welcome to nginx!</title>
</head>
<body bgcolor="white" text="black">
<center><h1>Welcome to nginx!</h1></center>
</body>
</html>

1-10 11-20 21-30 31-35
Name *:
Email *:
Code *:
Search
Calendar
«  December 2009  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
Entries archive
Site friends