Sunday, 2024-04-28, 9:40 PM
Welcome Guest

Tikus Neutron

Site menu
Section categories
Report [10]
Tugas Universitas
Our poll
Rate my site
Total of answers: 7
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Login form
Main » 2009 » December » 26 » Walry Character
11:27 AM
Walry Character



Dalam tugas pemodelan grafik ini, saya membuat sebuah karakter singa laut yang saya beri nama Walry (dari walrus..hehe). Dalam pembuatannya saya menggunakan aplikasi 3D Studio Max 2009. Dalam pembuatan karakter ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu pembuatan kepala dan badan (termasuk tangan dan kaki).
Untuk pembuatan kepala saya menggunakan standard primitives geometri, yaitu sphere. Memang ada pilihan lain seperti Geosphere namun jika dilihat dari vertexnya maka akan lebih mudah menggunakan sphere karena dengan begitu akan lebih mudah untuk membuat hidung. Lalu untuk taring dan kumis yang saya pergunakan adalah Cylinder dengan melakukan pengeditan yang cukup melelahkan maka dapat diperoleh hasil seperti berikut. Oiya, untuk dapat melakukan pengeditan vertex agar mendapat hasil seperti yang kita inginkan maka pertama Cylnder tersebut harus kita convert dahulu ke editable poly. Maka kita dapat melakukan pengeditan baik per vertex (titik), edge (garis), ataupun polygon. Untuk Catatan agar didapatkan hasil yang sama untuk kumis dan taring maka kita hanya perlu melakukan mirroring, namun pada optionnya yang kita pilih adalah copy agar didapatkan hasil sebagai objek baru.
Untuk membuatnya menyatu dengan kepala, saya mempergunakan Select and Link. Hal ini dilakukan agar saat pembuatan animasi nanti kumis dan taring mengikuti gerakan kepala.
Untuk Pembuatan badan saya menggunakan Cylinder, lalu untuk membuat kaki dan tangannya digunakan extrude (dapat di akses setelah di convert ke editable poly). Fungsi extrude dalam hal ini adalah memangjangkan atau memendekan  satu bagian tertentu pada objek. Dengan memanfaatkan hal tersebut kita dapat membuat tangan dan kaki. Dalam pembuatan torso (badan) saya langsung membentuknya menjadi baju sehingga hanya perlu menambahkan texture saja. Setelah semua bagian selesai, karakter masih berbentuk kotak - katak sehingga kita perlu melakukan smoothing. Caranya cukup mudah, pertama kita select semua bagian karakter lalu pada modify> modifier list kita dapat memilih option untuk smoothing, seperti Smooth, Mesh Smooth atau Turbo Smooth. dalam hal ini saya menggunakan Mesh Smooth agar masih terdapat esensi "kotak" pada karakter, karena jika menggunakan Turbo Smooth maka hasilnya akan terlalu "bulat"...hehe..
Dalam melakukan texturing saya menambahkan plugin V-RAY (yang masih Demo..hehe) agar pewarnaan terlihat lebih real. Langkah beriktnya yaitu melihat hasilnya dengan Rendering. Pada saat rendering pewarnaan dan efek yang kita berikan akan terlihat lebih jelas, oleh karena itu gambar di bawah di ambil saat rendering selesai dan diambil dengan best quality ^^.


Category: Report | Views: 742 | Added by: bl4ckstar | Rating: 4.0/1
Total comments: 2
1 ilhamsk.com  
0
mantep bay \^^/....

2 bl4ckstar  
0
thx ham..Po lu jg keren happy

Name *:
Email *:
Code *:
Search
Calendar
«  December 2009  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
Entries archive
Site friends